Teknik Informatika

From Wiki paramadina

Jump to: navigation, search

Contents

Profil

Dunia ICT (Information and Communications Technologies) yang berkembang dengan sangat cepat membutuhkan tenaga-tenaga di bidang Informatika yang ahli dan handal. Universitas Paramadina sejak di didirikan pada tahun 1998 membuka Program Studi Informatika (PSIF) sebagai jawaban atas terus meningkatnya kebutuhan dunia usaha akan Sarjana Informatika.

Program Studi Informatika Universitas Paramadina berfokus pada bidang Internet of Things dan Game Industry. Mahasiswa akan diarahkan untuk mempelajari berbagai disiplin ilmu yang terkait langsung dengan ICT, baik dalam bidang hardware maupun software. Selama proses belajar mengajar, mahasiswa dan dosen dapat mengembangkan kemampuan masing-masing atau bersama untuk menciptakan inovasi ICT yang dapat diaplikasikan di masyarakat.

Visi

“Menjadi program studi informatika unggulan tingkat nasional tahun 2022 dan bereputasi internasional tahun 2025 dengan fokus pada Internet of Things dan Game Industry”

Misi

PSIF memiliki visi untuk menjadi bagian dari pengembangan teknologi ICT dengan:

  1. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan informatika di bidang IoT dan Game Industry yang berkualitas unggul dan sesuai dengan perkembangan tren teknologi terkini
  2. Menciptakan suasana akademis yang mendorong kegiatan penelitian di bidang IoT dan Game Industry untuk menghasilkan karya penelitian yang unggul
  3. Melaksanakan kegiatan pengaplikasian ilmu pengetahuan bidang informatika sebagai wujud pengabdian masyarakat
  4. Menanamkan jiwa Leadership, Entrepreneurship, dan Ethic sebagai bekal mahasiswa untuk terjun ke dunia profesional

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan sarjana informatika yang kompeten di bidang IoT dan Game Industry yang memiliki jiwa kepemimpinan, entrepreneur , dan memegang teguh nilai-nilai etika serta memiliki daya saing ditingkat internasional.
  2. Terciptanya karya penelitian di bidang IoT dan Game Industry yang berkontribusi terhadap pengembangan teknologi terkini dan terpublikasi pada jurnal internasional bereputasi
  3. Terwujudnya kerjasama yang intensif dan ekstensif dengan pihak lain (lembaga pendidikan, penelitian, pemerintah, industri, dan alumni) dalam rangka meningkatkan mutu kehidupan masyarkat.
  4. Terwujudnya reputasi unggul melalui peran aktif dalam kegiatan informatika di tingkat nasional dan internasional.

Kompetensi Lulusasn

  1. Mampu menerapkan teori dasar dan pengetahuan lanjut bidang ICT dalam dunia profesional
  2. Memiliki kemampuan analisis dalam pemecahan masalah dengan dasar pengetahuan yang dimiliki
  3. Mampu menyusun strategi sesuai dengan analisis yang telah dilakukan
  4. Mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi terbaru

Karir Lulusan

  1. Entrepreneur
  2. Software Developer
  3. System Analyst
  4. Web Engineer
  5. Computer Network Specialist
  6. Database Specialist
  7. Consultant and IT Support
  8. Multimedia Programmer
  9. Trainer and Lecturer

Metode Perkuliahan

Perkuliahan berlangsung secara interaktif berupa tutorial, diskusi, presentasi, latihan dan praktek dengan mengutamakan pencapaian kompetensi. Selain pembelajaran hardskill, Program Studi Teknik Informatika juga membekali mahasiswa kemampuan softskillnya. Kemampuan softskill diberikan pada setiap kegiatan perkuliahan, hal ini bertujuan agar lulusan TI memiliki motivasi, kemandirian dan kreatifitas serta mampu bekerja dalam kelompok maupun individu. Selain perkuliahan, mahasiswa juga diberikan penambahan wawasan melalui kegiatan kuliah umum, kunjungan studi ke perusahaan-perusahaan, seminar dan magang di perusahaan. Penerapan e-learning juga digunakan untuk memudahkan mahasiswa agar bisa melakukan akses materi perkuliahan.

Untuk meningkatkan kompetensi lulusan Teknik Informatika diwajibkan untuk memeiliki minimal satu sertifikasi profesi di bidang ICT. Sertifikasi profesi tersebut dapat berupa sertifikasi berdasarkan produk misal Microsoft, ADOBE, CISCO, Oracle, atau bukan berdasarkan produk (asosiasi) misal CISA, Security, IASA, ITIL. Ujian sertifikasi dapat dilakukan di PSTI (selaku Authorized Training Center) ataupun lembaga sertifikasi terkait. Dengan berbekal sertifikasi tersebut diharapkan lulusan PSTI dapat menjadi seorang profesional di bidang ICT yang memiliki pengetahuan dan kompetensi yang dapat dibuktikan dan telah diakui. Sertifikasi ini juga memberikan keunggulan bersaing di dunia bisnis.

Pengajar

Tenaga pengajar berasal dari akademisi dan praktisi yang mayoritas berusia muda dengan latar pendidikan dari dalam dan luar negeri:

  1. Dikara Barcah, M.Sc.(Alumni Illinois Institute of Technology, USA)
  2. Retno Hendrowati,MT (Alumni ITB)
  3. Ivonne Sartika Mangula, M.Kom. (Alumni Universitas Indonesia)
  4. Diki Gita Purnama, M.Kom. (Alumni Universitas Indonesia)
  5. Harry T.Y. Achsan, M.Kom. (Alumni Universitas Indonesia)
  6. Wahyuningdiah Trisari H P , M.T.I. (Alumni Universitas Indonesia)
  7. Anwar Fuadi, M.T.I. (Alumni Universitas Indonesia)


Keunggulan

PSIF memiliki keunggulan sebagai berikut :

Internet of Things (IoT)

Salah satu bidang konsentrasi di PSIF adalah IoT. Secara definisi IoT adalah infrastuktur jaringan global yang menghubungkan yang menghubungkan benda-benda baik benda fisik maupun virtual melalui mekanisme eksploitasi data capture dan kemampuan komunikasi. Istilah lain yang lebih mudah IoT adalah benda-benda di sekitar kita dapat berkomunikasi antara satu sama lain melalui sebuah jaringan seperti internet. Contoh-contoh penerapan IoT yang sering kita lihat sehari-hari adalah Inovasi-inovasi ICT yang dilabeli dengan kata-kata “smart” seperti smart home, smart car, smart city, dsb. Dalam bidang konsentrasi ini mahasiswa akan mempelajari hal-hal berikut :

  • Fundamental & Advance Programming
  • Fundamental & Advance Computer Network
  • Machine to Machine Communication


Video Game Industry (VGI)

Bidang konsentrasi lain di PSIF selain IoT adalah VGI. Dalam bidang konsentrasi ini mahasiswa akan dikenalkan kepada aspek-aspek yang ada di dalam VGI yang meliputi Development, Marketing, Sales, Management Dalam bidang konsentrasi ini mahasiswa akan mempelajari hal-hal berikut :

  • Fundamental Programming
  • Introduction to Video Game Industry
  • Computer Game Programming
  • Mobile Game Programming


Rasio dosen-mahasiswa

Dosen mengampu jumlah mahasiswa yang tidak besar, mahasiswa akan mendapatkan keuntungan sebagai berikut:

  • Kelas kecil

Kelas kecil berarti lingkungan yang terkontrol dengan baik. Penanaman materi serta diskusi bisa berjalan lebih intensif karena minim gangguan suara serta minim gangguan dari pergerakan mahasiswa yang lalu lalang.

  • Kedekatan dosen dan mahasiswa

Keuntungan lainnya adalah terciptanya kedekatan dosen dan mahasiswa yang membuat mahasiswa tidak canggung dalam melemparkan pertanyaan atau menghubungi dosen di luar jam kuliah bila ada yang tidak jelas atau perlu ditanyakan. Kedekatan inilah yang menyebabkan dosen merasa nyaman memberikan rekomendasi terhadap mahasiswa apabila yang bersangkutan melamar bekerja atau melanjutkan studi.


Softskill lulusan baik

Salah satu faktor yang cukup membanggakan dari lulusan PSIF adalah reputasi mereka yang baik dari segi softskill. Hal ini dibuktikan dari beberapa pengguna lulusan (tempat alumni bekerja) yang memberi feedback langsung kepada dosen/prodi. Lulusan prodi TI mampu bekerjasama dengan baik di lingkungan organisasi tempat mereka bekerja, terkenal pantang menyerah, rendah hati serta sangat mau untuk terus belajar.


Masa tunggu lulusan sangat singkat

Ketika mahasiswa melakukan praktek kerja lapangan (PKL), sebagian besar mahasiswa akan langsung ditawari bekerja. Hal ini merupakan bukti bahwa hardskill dan softskill dari mahasiswa merupakan kriteria yang dicari oleh perusahaan. Masa tunggu lulusan untuk mendapat pekerjaan sangat singkat yakni dibawah 1 tahun.

Personal tools