Psikologi

From Wiki paramadina

Jump to: navigation, search

PROGRAM STUDI PSIKOLOGI

Profil

Perkuliahan di Program Studi Psikologi mempelajari berbagai aspek proses mental dan perilaku manusia, baik sebagai individu maupun sebagai mahluk sosial. Studi psikologi berperan penting dalam masyarakat modern yang kompleks. Disiplin ilmu ini semakin berkembang seiring dengan perkembangan jaman yang juga mempengaruhi perilaku manusia.

Terdapat lima bidang kajian yang dipelajari di program studi psikologi, yaitu psikologi industri dan organisasi, psikologi pendidikan, psikologi sosial, psikologi klinis, dan psikologi perkembangan. Fokus spesifik dari ilmu psikologi yang sedang dikembangkan di Paramadina adalah Psikologi Indonesia yang berakar pada nilai Universitas Paramadina yaitu ke-Indonesiaan. Kajian-kajian ilmu psikologi didukung pula oleh kajian dalam bidang ilmu falsafah, agama, serta ilmu budaya lainnya, disamping ilmu statistik, metodologi peneltian, dan ilmu faal.

Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) Republik Indonesia memberikan akreditasi program studi Psikologi Universitas Paramadina dengan nilai B terhitung sejak 21 Oktober 2011 sampai dengan 21 Oktober 2016. Lampiran SK Akreditasi


Visi

Mewujudkan program studi psikologi yang memiliki profesionalitas keilmuan dan praktis berstandar dunia, serta mengedepankan nilai etika dan keragaman pada tahun 2025.


Misi

  1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran di bidang ilmu Psikologi yang bersifat teoretis, praktis dan aplikatif serta melaksanakan riset-riset untuk mendorong perkembangan konsep-konsep baru dalam bidang ilmu psikologi dengan tetap berada dalam bingkai ke-Islaman, ke-Indonesiaan dan kemodernan;
  2. Mengembangkan kajian psikologi Indonesia sebagai warna khas program studi psikologi universitas Paramadina, melalui aktivitas-aktivitas riset, diskusi ilmiah, seminar, dan lain-lain sebagainya.
  3. Mendorong mahasiswa agar mampu berpikir rasional-analitis-kritis, professional, berintegritas dan berdaya saing, serta berpandangan ke depan;
  4. Mengembangkan program studi dengan cara menjalin kerja sama di bidang pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat dengan institusi-institusi di luar kampus, baik dalam negeri maupun luar negeri.



Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan dan keahlian dalam bidang ilmu psikologi dengan ketajaman nalar dan analisa yang matang dalam mengkaji perilaku manusia, berjiwa pemimpin dan berakhlak mulia, memiliki etika professional, serta berdaya saing tinggi.
  2. Menciptakan program studi psikologi sebagai pusat pembelajaran dan pengembangan psikologi Indonesia yang diakui baik secara nasional maupun internasional, sehingga dapat memberikan kontribusi ide, pemikiran, gagasan dalam keragaman bangsa Indonesia.
  3. Mendorong mahasiswa agar mampu berpikir rasional-analitis-kritis, professional, beretika, berintegritas dan berdaya saing, serta berpandangan ke depan.



Kurikulum

Kurikulum program studi Psikologi disusun dengan mempertimbangkan pengembangan ilmu pengetahuan, tuntutaan pasar, serta masukan-masukan stakeholder lainnya. Kurikulum juga memperhatikan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) untuk bidang ilmu Psikologi pada level pendidikan sarjana.

Perkuliahan diawali dengan teori-teori dasar psikologi, dilanjutkan dengan matakuliah penelitian baik kuantitatif maupun kualitatif serta aplikasi teori melakui praktikum. Pada semester 6 dan 7 mahasiswa bisa mengambil 5 mata kuliah pilihan yang sesuai dengan minatnya. Mata kuliah pilihan ini berasal dari lima bidang kajian psikologi, baik dari bidang kajian psikologi pendidikan, psikologi klinis, psikologi sosial, psikologi perkembangan, maupun psikologi industri, yang sesuai dengan bidang kerja yang diminati oleh mahasiswa setelah lulus nanti. Kurikulum program studi Psikologi mengalami beberapa kali perubahan dan penambahan.


Metode perkuliahan

Proses belajar yang ditawarkan bersifat student-oriented, active learning melalui diskusi, simulasi, dan menonton film. Selain itu program studi psikologi mengadakan studium general maupun kuliah tamu, dengan mengundang dosen tamu yang ahli dibidangnya serta kunjungan studi ke institusi yang relevan dengan materi dan tujuan perkuliahan.



Tim Pengajar

Alfikalia, M.Si (alumni Universitas Indonesia); Dr. Ayu Dwi Nindyati, Psi. (alumni Universitas Padjajaran); Devi Wulandari, M.Sc. (Alumni Univ. of Leiden, Belanda), Dr. Fatchiah E. Kertamuda, M.Sc. (alumni Universitas Pendidikan Indonesia), Handrix C. Haryanto, MA (Alumni Universitas Gajah Mada), Haris Herdiansyah, M.Si. (Alumni Universitas Gajah Mada), Tia Rahmania, M.Si (alumni Universitas Indonesia), Dwita Priyanti, M.Psi (alumni Universitas Indonesia)



E-Learning

Sesuai kebijakan Universitas Paramadina, Program Studi Psikologi juga telah mengembangkan e-learning sebagai bentuk dukungan teknologi dalam proses pembelajaran, sejak tahun 2010. Selanjutnya pada semester Gasal 2013/2014, Program Studi mulai memberlakukan kewajiban penggunaan e-learning bagi seluruh dosen. Merujuk pada memo Deputi Rektor Bidang Akademik, Riset, dan Kemahasiswaan (DRAR) nomor ME-004/RAR/UPM/VIII/13 mengenai kewajiban penggunaan e-Learning bagi Dosen Tetap dan Dosen Tidak Tetap Universitas Paramadina, berikut ini tautan-tautan informasi terkait.

  • Memo DRAR mengenai kewajiban penggunaan e-Learning bagi Dosen Tetap dan Dosen Tidak Tetap Universitas Paramadina
 Tautan: http://wiki.paramadina.ac.id/images/9/90/Memo_ttg_Kewajiban_e-Learning_olh_DRAR_%2819.8.13%29.jpg
  • Panduan e-Learning bagi Dosen Edisi Ketiga Tahun 2013
 Tautan:http://wiki.paramadina.ac.id/images/3/36/Panduan_e-Learning_Bagi_Dosen_Edisi_Ketiga_Tahun_2013.pdf



Penulisan dan Panduan Skripsi

Penulisan Skripsi di Program Studi Psikologi dapat dimulai semenjak Mahasiswa/i mengikuti perkuliahan Skripsi. Tata cara penulisan Skripsi diatur dalam panduan yang dimuat dalam Panduan Lengkap Penulisan Skripsi dan dapat diunduh melalui tautan berikut ini.

http://wiki.paramadina.ac.id/images/d/dd/Panduan_Lengkap_S1_2012_FINAL_LAYOUT_07062012.pdf



Penelitian

Penelitian adalah bagian kedua dari Tridharma Perguruan Tinggi. Program Studi Psikologi sesuai dengan kebijakan yang berlaku di Universitas menekankan pentingnya penelitian untuk dilakukan oleh Dosen-Dosen Program Studi Psikologi. Melalui dukungan pendanaan atau disebut dengan DPPA, dosen memiliki keleluasaan untuk mengajukan usulan penelitian kepada Direktorat Knowledge Management Universitas Paramadina, dan jika disetujui oleh Dewan Reviewer maka dapat diberikan pendanaan untuk pelaksanaan penelitian. Selain penelitian yang bersifat individual, juga ada beberapa hal yang dapat dilakukan oleh Dosen-Dosen Program Studi Psikologi, yakni penulisan buku dan penulisan artikel di media massa.

Beberapa hasil tulisan dari Dosen Program Studi telah diterbitkan dalam beberapa media massa dan beberapa penerbit.

Artikel

  1. GAP dalam Kepemimpinan --- Dr. Fatchiah E. Kertamuda, M.Sc
  2. Keyakinan Seorang Pendidik --- Dr. Fatchiah E. Kertamuda, M.Sc
  3. Konflik Internal Seorang Pendidik --- Dr. Fatchiah E. Kertamuda, M.Sc
  4. http://marketplus.co.id/digital/juni2015/#52 --- Religiusitas dan Upaya Memaafkan (Tia Rahmania, M.Psi)
  5. Fenomena_Begal_dalam_Perspektif_psikologi.png


Buku

  1. [[Media:Metodologi_Penelitian_Kualitatif.jpg|Metodologi_Penelitian_Kualitatif.jpg]
  2. Wawancara._Observasi,_dan_Focus_Groups.jpg
  3. Metodologi_Penelitian_Kualitatif_Seni_dalam_memahami_fenomena_sosial.png
  4. Metodologi_Penelitian_Kualitatif_untuk_ilmu_Psikologil.png


Penelitian

  1. Pengaruh illness Perception, Dukungan Sosial Health Locus of Control terhadap Kepatuhan (adherence) pada pasien gagal ginjal kronik (Devi Wulandari,M.Sc dan Dwita Priyanti, M.Psi)
  2. Survey Trust Terhadap Elit Politik Pada Masyarakat Kota Jakarta (Handrix Chrisharyanto, MA; Tia Rahmania, M.Psi; Ahmad Ramadhoni, Agung Budi Dopo, Hafil Fauzi, Erdizal Fajri)
  3. Pasrah (Surender) and sabar (Patient) Among Indonesia Etnichs (Javanese, Sundanese, Betawi) Throught Disaster: An Indigenous Psychological Analysis (Handrix Chrisharyanto, MA, Fatchiah E Kertamuda, M.Sc)



Pengabdian Masyarakat

Pengabdian Masyarakat adalah syarat mutlak dalam Tridharma Perguruan Tinggi, dan Program Studi Psikologi pun menyadarinya sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari Pengajaran dan Penelitian. Untuk Pengabdian Masyarakat, tidak terlepas dari dukungan sarana dan prasarana, untuk itu Program Studi Psikologi membaginya menjadi dua bila dipandang dari sumber pendanaannya, yakni: 1) Murni dibiayai oleh internal Program Studi atau swadaya kampus untuk pihak ketiga, 2) Dibiayai oleh pihak ketiga.

Berikut beberapa pengabdian masyarakat yang pernah dilakukan oleh dosen prodi psikologi.

  1. Assessor untuk assessment psikologi dalam seleksi leader untuk CISV Indonesia, Jakarta (Tia Rahmania, M.Psi)
  2. Fasilitator program pelatihan PT Sucofindo (Dr. Ayu Dwi Nindyati,M.Psi)
  3. Pembicara pada seminar, Talkshow dan TOT dalam Rangkaian Program Perempuan, Ruang Publik dan Islam, kerjasama Universitas Paramadina, The Asia Foundation, dan DANIDA (Dr. Fatchiah E. Kertamuda, M.Sc)
  4. Pembicara pada Sekolah Generasi Baru Indonesia (Haris Herdiansyah, M.Si)
  5. Sebagai pelaksana pemeriksaan psikologi pada sekolah Inklusi SDN 06 Meruya Selatan (Tia Rahmania, M.Psi dan Alfikalia, M.Si)
  6. Sebagai narasumber untuk memberikan bimbingan TOEFL Preparation dalam rangka Staff Development Program (SDP) sebagai promosi pegawai Bank Mandiri (Devi Wulandari, M.Sc)



Kerjasama

Dalam rangka melebarkan jaringan dengan pihak luar program studi psikologi melakukan kerjasama dengan berbagai pihak. Hal ini dikuatkan dengan penandatanganan MoU kerjasama. Berikut data beberapa kerjasama program studi Psikologi dengan pihak luar.

  1. Mou_w_apsi_himpsi_2.pdf
  2. MoU_dengan_Filipina.pdf
  3. MoU_dengan_SMK_Pasar_Minggu.pdf
  4. MoU_dengan_SMP_Pasar_Minggu.pdf

Profil Lulusan

Lulusan program studi Psikologi sebagian telah berpartisipasi dalam bidang akademik maupun bidang non-akademik.

Partisipasi Alumni dalam bidang Akademik

Beberapa bentuk partisipasi dalam bidang akademika antara lain adalah:

  1. Sebagai tutor matakuliah. Pada beberapa matakuliah seperti tes bakat, tes intelegensi, tes grafis, tes rorschah, TAT/CAT, penyusunan skala psikologi. Alumni dilibatkan sebagai tutor dengan tugas membantu dosen dalam melatih mahasiswa untuk terampil mengadministrasikan alat tes.
  2. Sebagai dosen matakuliah. Alumni program studi psikologi diminta untuk mengajar pada satu matakuliah. Dosen tersebut merupakan lulusan dari Program studi yang juga telah menempuh jenjang S2
  3. Pembicara tamu dalam yudisium 1 tanggal 17 maret 2009, alumni memberikan gambaran tentang dunia kerja dan karir, serta sharing tentang pengalaman bekerja pada bidang yang sesuai dengan disiplin ilmu psikologi.
  4. Pembicara tamu dalam yudisium 2 tanggal 5 oktober 2009, alumni memberikan gambaran tentang dunia kerja dan karir, serta sharing tentang pengalaman bekerja pada bidang yang sesuai dengan disiplin ilmu psikologi.
  5. Pembicara tamu dalam yudisium 3 tanggal 10 maret 2010, alumni memberikan gambaran tentang dunia kerja dan karir, serta sharing tentang pengalaman bekerja pada bidang yang sesuai dengan disiplin ilmu psikologi. Selain itu, alumni juga memberikan pengetahuan dan pengalaman mengenai sekolah lanjut pada jenjang S2.
  6. Pembicara tamu dalam yudisium 4 tanggal 13 oktober 2010, alumni memberikan gambaran tentang dunia kerja dan karir, serta sharing tentang pengalaman bekerja pada bidang yang sesuai dengan disiplin ilmu psikologi. Selain itu, alumni juga memberikan pengetahuan dan pengalaman mengenai sekolah lanjut pada jenjang S2.
  7. Sumbangan fasilitas yang dikontribusikan oleh alumni antara lain, alumni menyumbangkan buku-buku yang terkait dengan matakuliah ataupun buku tentang psikologi lainnya.

Partisipasi Alumni dalam bidang Non- Akademik

Beberapa bentuk partisipasi dalam bidang non-akademik antara lain adalah:

  1. Bersama dengan mahasiswa aktif, mengadakan acara psychology gathering setiap tahunnya yang dihadiri oleh seluruh keluarga besar program studi psikologi.
  2. Berpartisipasi dengan mahasiswa aktif dalam acara HIMA seperti acara bakti sosial, acara musik (psychojam).



Personal tools