Manajemen

From Wiki paramadina

Jump to: navigation, search


Profil


Program Studi Manajemen memfokuskan pada pengembangan mahasiswa dengan lulusan sebagai sumberdaya terdidik dan terampil yang menguasai pengetahuan luas, berjiwa kepemimpinan, mampu mempraktikan semangat kewirausahaan baik secara kognitif maupun konatif, dan berprilaku dalam koridor etika dalam kehidupan baik secara akademis maupun praktis pada skala Lokal, Nasional, Regional bahkan Global. Dengan bekal yang telah dipunyai dari pembelajaran di Program Studi Manajemen diharapkan para lulusan mempunyai standar kompetensi yang tinggi dan khas pada bidangnya dan mampu mengantisipasi perubahan lingkungan dimanapun para lulusan program studi ini berkiprah.

SK Ban PT Akreditasi MNJ 2016


Visi Program


Visi Program Studi Manajemen menjadi program studi yang unggul dalam pengembangan manajemen dan bisnis, yang mewujudkan perpaduan antara kemampuan pengambilan keputusan dan pengelolaan organisasi berdasarkan etika, dalam skala nasional maupun global pada tahun 2025


Misi Program


Misi Program Studi adalah mengembangkan dan menyelenggarakan pendidikan tinggi tingkat strata satu di bidang manajemen dan bisnis yang menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan pengambilan keputusan berbasis etika melalui kegiatan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat.


Tujuan Program Studi Manajemen

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki fondasi berpikir secara kritis dan logis yang beretika.
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki pendidikan di bidang Manajemen dan Bisnis dengan mengacu pada kompetensi pembuatan keputusan dan pengelolaan organisasi, sumber daya yang dimiliki, dan perkembangan di dalam lingkungan nasional, regional dan internasional.
  3. Menghasilkan penelitian dalam bidang Manajemen dan Bisnis dalam rangka memperkaya khazanah ilmu pengetahuan baik nasional, regional dan internasional.
  4. Menyumbangkan pemikiran dalam kegiatan pengabdian masyarakat dalam rangka meningkatkan kualitas intelektual baik nasional, regional dan internasional.
  5. Menghasilkan lulusan yang berkualitas dengan dukungan sumber daya manusia dan suksesi internal program studi dalam rangka mendukung proses pembelajaran.



Survei Pemahaman Visi Misi Program Studi Manajemen

https://docs.google.com/forms/d/1i-ifM4Yko-5YXfVkx9kWeaLNTPuqY-CTV-TAG2YXjAs/viewform



Kurikulum dan Metode Perkuliahan


Program Studi Manajemen menggunakan kurikulum berbasis kompetensi yang direview secara reguler untuk membekali mahasiswa dengan kompetensi yang sesuai dengan kondisi dunia bisnis. Saat ini program studi ilmu manajemen mempunyai empat peminatan, yaitu Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia, dan Manajemen Keuangan, dan Manajemen Operasi.

Tujuan kuliah pada setiap mata kuliah sejalan dengan tujuan Universitas Paramadina yang berlandasan pada leadership, ethics, dan entrepreneurship. Leadership ditunjukkan dengan kesempatan mahasiswa untuk presentasi, tampil di depan kelas untuk mengemukakan ide, dan menunjukkan sikap disiplin. Ethics ditunjukkan dengan sikap jujur, dan tidak melakukan plagiarisme; sedangkan sikap entrepreneurship, mahasiswa diajak untuk mampu kreatif dalam menyelesaikan masalah bisnis.

Sejumlah program menjadi aspek penting yang mendasari kesuksesan studi Manajemen. Untuk menunjang wawasan mahasiswa, secara rutin, dosen tamu dengan berbagai latar belakang diundang untuk memperluas wawasan para mahasiswa. Company visits yang merupakan aktivitas kunjungan mahasiswa ke perusahaan-perusahaan terprogram di setiap semester, penelitian baik secara mandiri maupun berkelompok antara dosen Program Studi maupun dengan mahasiswa, pengabdian masyarakat yang dilakukan secara terprogram di setiap semester dengan tujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa memahami dunia akademik dan praktis.

Untuk menunjang kompetensi di dunia praktis, mahasiswa dapat melaksanakan praktik kerja lapangan (PKL) ke organisasi atau perusahaan secara mandiri di setiap periode libur kegiatan akademik yang akan dikonversi menjadi salah satu nilai untuk dual transkrip. Panduan penulisan PKL di Program Studi adalah berikut ini

tautan: http://wiki.paramadina.ac.id/index.php/Akademik#PEDOMAN_PENYUSUNAN_LAPORAN_PKL.

Kemudian, sebagai bagian dari aktivitas akademis, mahasiswa Manajemen yang telah mencapai jumlah SKS sebanyak 110 SKS diwajibkan melakukan penulisan atas hasil kegiatan praktik lapangannya dan menulis skripsi, sebagai tugas akhir mahasiswa sebelum dinyatakan sebagai Sarjana Ekonomi, setelah melalui proses penyusunan terjadwal dengan pembimbing dan melalui proses sidang akhir dihadapan para penguji.

PANDUAN_KURIKULUM_2011_revisi_1.4.doc

Alur Kurikulum

SK Pelaksanaan Kurikulum 2011

SK Tim Penyusun Kurikulum



Peminatan Untuk Mahasiswa Tingkat Akhir dan Prasyaratnya


Seluruh mahasiswa/i Program Studi Manajemen yang telah menempun minimal 100 SKS dan dinyatakan lulus nilai sesuai batas minimal (tercantum di buku panduan akademik 2014-2015, halaman 138 - 139), wajib melakukan pemilihan peminatan atau konsentrasi. Konsentrasi yang dibuka di Program Studi Manajemen terdiri dari empat, yakni:

1. Manajemen Pemasaran 2. Manajemen Keuangan 3. Manajemen Sumber Daya Manusia 4. Manajemen Operasi

Untuk memilih salah satu peminatan di atas, Mahasiswa/i diwajibkan melakukan pertemuan dengan Pembimbing Akademiknya. Pertemuan ini dapat dijadwalkan secara mandiri antara Pembimbing Akademik dengan Mahasiswa/i atau dijadwalkan secara kolektif oleh Program Studi Manajemen. Pertemuan ini dimaksudkan agar Mahasiswa.i dapat berkonsultasi dengan Pembimbing Akademiknya terkait dengan pemenuhan mata kuliah prasyarat. Pemenuhan mata kuliah prasyarat sendiri memiliki prosedur harus memiliki nilai minimal, sebagai berikut.

1. Prasyarat konsentrasi Manajemen Pemasaran : Dasar-Dasar Manajemen (nilai min C), Dasar-Dasar Bisnis (nilai min C), Manajemen Pemasaran (nilai min B-)

2. Prasyarat konsentrasi Manajemen SDM : Dasar-Dasar Manajemen (nilai min C), Teori Perilaku Organisasi (nilai min C), Manajemen SDM (nilai min B-)

3. Prasyarat Konsentrasi Manajemen Keuangan : Akuntansi Biaya (nilai min C), Dasar-Dasar Manajemen (nilai min C), Manajemen Keuangan (nilai min B-)

4. Prasyarat Konsentrasi Manajemen Operasi : Pengambilan Keputusan Manajerial (nilai min C), Pengantar Manajemen Sains (nilai min C), Manajemen Operasi (nilai min B-)

Tujuan dari konsentrasi ini adalah menyalurkan minat dan hasrat akademik Mahasiswa/i Program Studi Manajemen sesuai dengan keinginan dan kemampuannya, dan pada akhirnya konsentrasi ini akan tertuang pada bentuk studi kasus atau penelitian yang dipilih untuk penulisan Skripsi di Semester akhir dalam rangka merain program Sarjana Manajemen (SM).

Keunikan dari pemilihan konsentrasi di Program Studi Manajemen adalah adanya kewajiban mahasiswa mengambil dua mata kuliah mayor yang merepresentasikan konsentrasi yang dipilih dan satu mata kuliah minor diluar dari konsentrasi yang dipilih. Sejumlah mata kuliah pilihan ada dalam Kurikulum 2011 ini, dan sebagaimana telah dijelaskan dalam tautan Rencana Studi, harapan dari pemberlakuan mata kuliah minor dan mayor ini adalah agar mahasiswa memiliki sudut pandang yang luas dan dapat memiliki kompetensi tambahan yang dapat menunjang penulisan Skripsi serta dalam jangka panjang dapat menunjang karirnya pada saat terjun ke dunia kerja.



Alur Mata Kuliah Seminar dan Penentuan Pembimbing Skripsi

Dalam Kurikulum 2011 terdapat mata kuliah Seminar, yang wajib ditempuh oleh Mahasiswa/i yang mengambil peminatan. Mata kuliah Seminar diambil bersamaan dengan mata kuliah mayor dan minor, dan mata kuliah prasyarat Seminar adalah Metodologi Penelitian. Dengan kata lain Mahasiswa/i wajib dinyatakan lulus mengambil mata kuliah Metodologi Penelitian (minimal nilai C).

Bagi Mahasiswa/i yang belum lulus mata kuliah Metodologi Penelitian tidak diperkenankan mengambil mata kuliah Seminar, namun demikian masih diperkenankan mengambil mata kuliah mayor dan minor. Keunikan dari pelaksanaan mata kuliah Seminar adalah pada saat pelaksanaan Ujian Akhir Semester di pertemuan ke-16 dilaksanakan Sidang Seminar, yang serupa seperti Sidang Proposal Skripsi, Sidang Seminar ini dilaksanakan secara serentak pada peminatan yang dibuka.

Selama dilangsungkannya mata kuliah Seminar, Program Studi akan menentukan nama Pembimbing Skripsi untuk Mahasiswa/i yang mengambil mata kuliah Seminar, tujuannya adalah agar Mahasiswa/i didampingi oleh Pembimbingnya pada saat pelaksanaan Sidang Seminar. Lebih lengkapnya dijelaskan dalam tautan alur di bawah ini

Mahasiswa/i yang mengikuti proses Sidang Seminar akan diuji di depan dua orang Dosen, satu orang Dosen bertindak sebagai Penguji sedangkan satu orang Dosen lainnya bertindak sebagai Pembimbing. Mahasiswa/i akan dinilai menggunakan form penilaian Sidang Seminar seperti berikut ini

Selanjutnya, setelah pelaksanaan Sidang Seminar, Mahasiswa/i akan diberikan lembar review dan keputusan mengenai layak tidaknya Proposal yang diajukan untuk diterima untuk dilanjutkan pada proses penulisan Skripsi. Pengumuman mengenal layak tidaknya dilakukan melalui media sosial resmi Program Studi yakni laman Facebook selain diumumkan melalui Majalah Dinding yang ada di lokasi Program Studi Manajemen, pengumuman ini diberikan maksimal satu pekan selepas pelaksanaan Sidang Seminar.

Mahasiswa/i yang tidak dinyatakan lulus Proposal dalam Sidang Seminar bukan berarti tidak dinyatakan lulus Mata Kuliah Seminar, hal ini dikarenakan Dosen Pengampu Seminar berhak untuk memberikan nilai yang diperoleh Mahasiswa/i berdasarkan komposisi nilai yang telah disepakati bersama dengan Mahasiswa/i. Dalam beberapa kasus, bisa saja terjadi Mahasiswa/i yang Proposalnya belum dianggap layak tetap lulus Mata Kuliah Seminar, jika hal ini terjadi maka Mahasiswa/i yang Proposalnya belum dianggap layak harus melalui proses penyusunan Proposal Skripsi dari awal dengan Pembimbing yang telah ditentukan oleh Program Studi dan mengajukan Sidang Proposal dengan mengisi Form, Form berikut ini harus diisi Mahasiswa/i dan berlaku sejak Mahasiswa/i mendaftar untuk Pembimbing PKL, hingga Pengajuan Sidang Skripsi



E-LEARNING

Sesuai kebijakan Universitas Paramadina, Program Studi Manajemen juga telah mengembangkan eLearning sebagai bentuk dukungan teknologi dalam proses pembelajaran, sejak tahun 2010. Selanjutnya pada semester Gasal 2013/2014, Program Studi mulai memberlakukan kewajiban penggunaan eLearning bagi seluruh Dosen. Merujuk pada memo Deputi Rektor Bidang Akademik, Riset, dan Kemahasiswaan (DRAR) nomor ME-004/RAR/UPM/VIII/13 mengenai kewajiban penggunaan e-Learning bagi Dosen Tetap dan Dosen Tidak Tetap Universitas Paramadina, berikut ini tautan-tautan informasi terkait yaitu :

1. Memo DRAR mengenai kewajiban penggunaan e-Learning bagi Dosen Tetap dan Dosen Tidak Tetap Universitas Paramadina

   Tautan: http://wiki.paramadina.ac.id/images/9/90/Memo_ttg_Kewajiban_e-Learning_olh_DRAR_%2819.8.13%29.jpg

2. Panduan e-Learning bagi Dosen Edisi Ketiga Tahun 2013

   Tautan: http://wiki.paramadina.ac.id/images/3/36/Panduan_e-Learning_Bagi_Dosen_Edisi_Ketiga_Tahun_2013.pdf

Panduan Penulisan laporan PKL

PageName



Penulisan Skripsi dan Panduannya

Penulisan Skripsi di Program Studi Manajemen dapat dimulai semenjak Mahasiswa/i mengikuti perkuliahan Seminar. Tata cara penulisan Skripsi diatur dalam panduan yang dimuat dalam Panduan Lengkap Penulisan Skripsi dan dapat diunduh melalui tautan berikut ini

http://wiki.paramadina.ac.id/images/d/dd/Panduan_Lengkap_S1_2012_FINAL_LAYOUT_07062012.pdf




Tim Pengajar

Tim pengajar terdiri dari akademisi, peneliti dan praktisi dari dalam dan luar negeri, diantaranya Bima Priya Santosa, Ak.BAP, MFM (akademisi dan peneliti, alumni Univ of Melbourne, Australia); DR. Iyus Wiadi, SE.,MPA (Alumni Antwerp Univ. Belgia); DR. Iin Mayasari, M.Si, (akademisi dan peneliti, alumni UGM); Dra.Prima Naomi, MT. (akademisi dan peneliti, alumni ITB); Dr.Anita Maharani,SE., MM (akademisi dan peneliti, alumni IPB dan Univ. Paramadina);, Muhamad Iksan, SE, MM (akademisi dan peneliti, alumni Universitas Paramadina);, Betania Jezamin Setiawan, M.Sc. (Alumni. Univ of Exeter)



Penelitian


Penelitian adalah bagian kedua dari Tridharma Perguruan Tinggi. Program Studi Manajemen sesuai dengan kebijakan yang berlaku di Universitas menekankan pentingnya penelitian untuk dilakukan oleh Dosen-Dosen Program Studi Manajemen. Melalui dukungan pendanaan atau disebut dengan DPPA, dosen memiliki keleluasaan untuk mengajukan usulan penelitian kepada Direktorat Knowledge Management Universitas Paramadina, dan jika disetujui oleh Dewan Reviewer maka dapat diberikan pendanaan untuk pelaksanaan penelitian. Selain penelitian yang bersifat individual, juga ada beberapa hal yang dapat dilakukan oleh Dosen-Dosen Program Studi Manajemen, yakni penulisan buku dan penulisan artikel di media massa. Beberapa hasil tulisan dari Dosen Program Studi telah diterbitkan dalam beberapa media massa, diantaranya Bisnis Indonesia (terlampir), juga penerbitan tulisan dalam bentuk buku


Pengabdian Masyarakat

Error creating thumbnail:
libgomp: Thread creation failed: Resource temporarily unavailable

Pengabdian Masyarakat adalah syarat mutlak dalam Tridharma Perguruan Tinggi, dan Program Studi Manajemen pun menyadarinya sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari Pengajaran dan Penelitian. Untuk Pengabdian Masyarakat, tidak terlepas dari dukungan sarana dan prasarana, untuk itu Program Studi Manajemen membaginya menjadi dua bila dipandang dari sumber pendanaannya, yakni: 1) Murni dibiayai oleh internal Program Studi atau swadaya kampus untuk pihak ketiga, 2) Dibiayai oleh pihak ketiga.


Pengabdian Masyarakat Dengan Pihak Ketiga yang Murni Swadaya Internal Program Studi

Pengabdian masyarakat yang dibiayai murni oleh internal Program Studi dengan anggaran yang diajukan per tahunnya ke Universitas, adalah metode Pengabdian Masyarakat yang tidak menggunakan pendanaan dari pihak ketiga. Dukungan sarana dan prasarana (termasuk transportasi dan kelengkapan kegiatan Pengabdian Masyarakat) berasal dari Program Studi Manajemen. Meskipun demikian, kerjasama ini didokumentasi dalam nota kesepahaman atau MoU (terlampir), dan pihak-pihak yang bekerja sama selama ini dengan Program Studi Manajemen diantaranya adalah Yayasan Soekarseno Peduli, Yayasan Ibnu Sina, keduanya bergerak di bidang pendidikan untuk golongan ekonomi kurang mampu untuk tingkat pendidikan SD - SMP. Bentuk pengabdian masyarakat dalam bentuk pemberian materi pembelajaran bagi siswa yang diasuh Yayasan tersebut, dan Program Studi tidak bergerak sendirian melainkan dibantu oleh Himpunan Mahasiswa Manajemen sebagai asisten pengajar, yang direkrut melalui metode rekrutmen di laman media sosial.


Pengabdian Masyarakat Dengan Pihak Ketiga yang Dibiayai oleh Pihak Ketiga

Program Studi Manajemen Universitas memiliki jalinan kerjasama yang baik dengan beberapa pihak, diantaranya Indotrain Consultant, Kebon Ilmu, CCPHI dan sebagainya. Kerjasama ini kemudian dibuat di dalam satu nota kesepahaman atau MoU (terlampir), yang menyebutkan apa saja hal-hal yang dilakukan antara Program Studi Manajemen dengan pihak ketiga tersebut. Di antara wujud kerjasama antara lainnya adalah pelibatan dosen di Program Studi Manajemen selaku Tenaga Ahli pada pihak ketiga.



Profil Lulusan

Lulusan Program Studi Manajemen, minaret survey yang pernah dilakukan memiliki masa tunggu rata-rata < 6 bulan, hal ini ditunjang oleh adanya kebijakan Kurikulum 2011 mengenai Praktik Kerja Lapangan yang wajib dilakukan oleh Mahasiswa/i sebelum mengambil mata kuliah Skripsi. Lulusan Program Studi Manajemen tersebar di dalam pasar tenaga kerja, baik sebagai Wirausawan/wati, Konsultan muda, Peneliti muda, Karyawan baik Perusahaan Perbankan/Profesional, Pegawai Negeri Sipil, Pegawai BUMN, Staf Pengajar Muda.

Dalam rangka untuk menumbuhkembangkan kemampuan unik dari para lulusan, Program Studi Manajemen melibatkan lulusan atau alumni untuk berkontribusi untuk kemajuan Program Studi Manajemen, diantaranya dengan melibatkan para alumni untuk menjadi narasumber Studium Generale atau Kuliah Umum yang bertajuk "How to Work Like...". Sejumlah alumni yang pernah diundang diantaranya adalah M. Iqbal Tanjung (Kontraktor), Hernawati Soekarseno (Yayasan Soekarseno Peduli), Arlan Djumarman (Pencipta lagu, Penyanyi), kegiatan yang pernah mengundang alumni ini dirilis melalui tautan www.paramadina.ac.id

Error creating thumbnail: convert: unable to extend cache `/home/wiki/public_html/images/2/2d/Jajal.JPG': File too large @ error/cache.c/OpenPixelCache/4141.



Survey Alumni Mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Paramadina

Alumni adalah bagian yang tidak terpisahkan dari Program Studi Manajemen, wujud nyata dari usaha dan proses pembelajaran ditunjukkan melalui kualitas alumni dalam kesehariannya berkiprah di dunia kerja dan lingkungan sosial. Dalam tujuan untuk selalu melakukan perbaikan mutu Kurikulum dan termasuk juga mengenai Metode Pembelajaran, Program Studi Manajemen memiliki mekanisme agar alumni dapat memberikan umpan balik dengan mudah, dengan memanfaatkan kemajuan teknologi yang ada, dan sifat dari pengisian berkas berikut adalah wajib bagi alumni mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Paramadina.

Error creating thumbnail: convert: unable to extend cache `/home/wiki/public_html/images/a/ab/Foto_alumni.JPG': File too large @ error/cache.c/OpenPixelCache/4141.
convert: Application transferred too few scanlines /home/wiki/public_html/images/a/ab/Foto_alumni.JPG @ warning/jpeg.c/JPEGErrorHandler/294.
convert: Insufficient memory (case 4) /home/wiki/public_html/images/thumb/a/ab/Foto_alumni.JPG/180px-Foto_alumni.JPG @ error/jpeg.c/JPEGErrorHandler/297.

Tautan https://docs.google.com/forms/d/1AzAzcFGOSazkGcCFF2KCmfkrw7XhsSd1eCL3o_JOlWw/viewform

Personal tools