Ilmu Komunikasi

From Wiki paramadina

Jump to: navigation, search

Contents

Profil Program Studi Ilmu Komunikasi

Ilmu Komunikasi berkembang seiring dengan kemajuan teknologi komunikasi belakangan ini. Komunikasi yang dulunya ditilik dalam konteks pesan antar manusia, di abad 21 ini komunikasi lebih dimaknai sebagai komoditas dan industri. Untuk merespon perkembangan tersebut, Program Studi Ilmu Komunikasi membuka lima peminatan sebagai berikut:

  1. Peminatan Stratejik Humas: menitikberatkan pada kemampuan menguasai bentuk-bentuk komunikasi strategis dan integratif dalam mengelola citra perusahaan atau organisasi nirlaba. Di sini mahasiswa belajar bagaimana mengatasi situasi yang dapat menimbulkan krisis komunikasi, mendesain proses komunikasi yang sesuai dan mengimplementasikannya pada realitas keseharian serta mengevaluasi hasil untuk perbaikan langkah selanjutnya.
  2. Peminatan Advertensi Kreatif: merupakan peminatan periklanan yang lebih berfokus pada pengembangan teoritis dan praktis pada departemen kreatif advertensi.
  3. Peminatan Manajemen Merek: merupakan peminatan yang bertujuan untuk mempelajari konsep-konsep serta setrategi pengelolaan merek. Termasuk di antaranya pengelolaan pesan-pesan serta bagaimana mengomunikasikan pesan merek kepada khalayak.
  4. Peminatan Penyiaran: merupakan peminatan yang menyiapkan sumber daya manusia yang siap pakai untuk kebutuhan industri televisi dan radio maupun rumah produksi (production house).
  5. Peminatan Kajian Media: merupakan peminatan yang bertujuan untuk menghasilkan analis-analis media yang kritis dan kompeten untuk menggeluti bidang-bidang seperti riset-riset komunikasi, litbang ataupun riset kampanye politik melalui media massa.

Visi Program

Program Studi Ilmu komunikasi bersaha untuk mewujudkan pendidikan kreatif dengan menjadi pusat ilmu dan budaya komunikasi yang inovatif dengan kepekaan etika yang diwarnai semangat kemanusiaan, oenuh pengertian dan toleransi.


Misi Program

Program Studi Ilmu komunikasi berusaha untuk mengembangkan dan memanfaatkan ilmu serta teknologi komunikasi, dengan membentuk komunitas intelektual komunikasi yang kreatif, menghormati kebebasan mimbar akademik, dan berkepribadian mulia.


Tujuan

Program Studi Ilmu komunikasi berusaha untuk menghasilkan lulusan yang memilikin kedalaman iman, kepekaan nurani, ketajaman nalar yang kritis, kreatif dan komunikatif, memiliki jiwa kepemimpinan, mmahami konsep dan cakap berkarya, dengan teknologi komunikasi, memiliki keleluasaan komunikasi dalam masyarakat multikultural dan berjiwa wirausaha.


Lampiran

Sertifikat Akreditasi BAN-PT K_(2011-2016).pdf


Kurikulum dan Metode Perkuliahan

Kurikulum disusun untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan serta menstimulasi kreativitas mahasiswa dalam bidang komunikasi. Kurikulum diawali dengan mata kuliah pengetahuan dasar yang relevan dengan Ilmu Komunikasi serta Mata kuliah aplikasi dari teori-teori.


Nama dan Asal Perguruan Tinggi Para Pengajar

  1. Dr. Nurhayani Saragih (alumni UNPAD)
  2. Dr. Rini Sudarmanti (alumni UNPAD)
  3. Totok Soefijanto, Ed.D. (alumni School of Education Boston Univ. USA)
  4. Dr. Syafiq Basri Assegaff, MA. (alumni Univ. of Technology Sydney, UTS, Australia)
  5. Dr. Suraya, MM. (alumni IPB)
  6. Kurniawaty Yusuf, M.Si. (alumni UI)
  7. Dr. AG Eka Wenats Wuryanta (alumni UI)
  8. Wahyutama, M.Si. (alumni UI)
  9. Ika Karlina Idris, M.Si. (alumni UI)
  10. Tri Wahyuti, M.Si. (alumni UI)
  11. Leonita K. Syarief, M.Si (Alumni UI)
  12. Riki Arswendi, M.Ikom (Alumni UNDIP)
  13. Nur Allan Lasido, M.A (Almuni UGM)

Panduan PKL dan Skripsi

  1. Panduan_Skripsi_Universitas_Paramadina.pdf
  2. Panduan_PKL.pdf

GBPP Mata Kuliah

Kurikulum 2013

  1. GBPP Integrated Marketing Communication.pdf
Personal tools