Hubungan Internasional

From Wiki paramadina

Jump to: navigation, search

Contents

Profil

Studi Hubungan Internasional adalah suatu studi dengan fokus kajian luas yang mencakup dinamika hubungan antar aktor negara dan aktor non negara yang melewati batas-batas wilayah geografis dalam berbagai aspek yaitu politik, ekonomi, budaya, sejarah dan ideologi. Kajian utama studi ini adalah perdamaian dan keamanan dunia yang saat ini tidak saja berkaitan dengan isu military security namun juga meliputi masalah kemiskinan, lingkungan dan kejahatan internasional yang mengancam human security. Beragamnya cakupan aktor dan isu dalam hubungan ditingkat internasional maka kerangka kerjasama dan konflik tidak saja terjadi ditingkat bilateral namun juga ditingkat regional maupun internasional yang memerlukan kesepakatan global untuk mencapai solusi yang tepat. Program Studi Hubungan Internasional Universitas Paramadina menjawab tantangan perkembangan hubungan internasional melalui Studi Diplomasi dan Studi Kawasan pada lingkup nasional, regional maupun internasional.

Visi

Program Studi Hubungan Internasional menjadi pusat pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat dalam bidang Studi Hubungan Internasional khususnya Studi Diplomasi dan Studi Kawasan Asia Tenggara dilingkup nasional, regional dan internasional pada tahun 2025.

Misi

  1. Program Studi Hubungan Internasional menyelenggarakan pendidikan tingkat strata 1 secara kreatif dan inovatif dibidang hubungan internasional, khususnya studi Diplomasi dan studi kawasan asia tenggara.
  2. Program Studi Hubungan Internasional menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi keilmuan maupun keterampilan dalam bidang Hubungan Internasional termasuk keterampilan berkarya, kecakapan berorganisasi, kemandirian jiwa, kematangan berfikir, kepekaan dan kritis dalam memahami dan menganalisa fenomena dan masalah internasional, khususnya Studi Diplomasi dan Studi Kawasan Asia Tenggara.
  3. Program Studi Hubungan Internasional mengembangkan penelitian dalam bidang Hubungan Internasional yang didasarkan pada analisis kritis terhadap dinamika perkembangan nasional, regional dan internasional khususnya dalam Studi Diplomasi dan Studi Kawasan Asia Tenggara sehingga mampu berkontribusi bagi perkembangan keilmuan, seni-budaya serta teknologi bagi kemajuan bangsa dan umat manusia.
  4. Program Studi Hubungan Internasional melaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat dalam upaya meningkatkan kesadaran, kesiapan dan kemampuan masyarakat dalam menghadapi perkembangan isu internasional, khususnya isu Diplomasi dan Asia Tenggara dalam lingkup nasional, regional dan internasional.
  5. Program Studi Hubungan Internasional membangun jaringan kerjasama dalam bidang Hubungan Internasional dengan berbagai pihak ditingkat nasional, regional dan internasional dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan dan penelitian serta pengabdian terhadap masyarakat.

Tujuan

  1. Kompetensi tinggi di bidang studi Hubungan Internasional secara keilmuan maupun praktik, khususnya Studi Diplomasi dan Studi Kawasan Asia Tenggara.
  2. Memiliki keterampilan berkarya, kecakapan berorganisasi, kemandirian jiwa, kematangan berpikir dan motivasi tinggi dalam studi Hubungan Internasional, khususnya Studi Diplomasi dan Studi Kawasan Asia Tenggara sebagai modal individual dalam dunia kerja dan bermasyarakat.

Kurikulum

Dalam rangka mempersiapkan diri menghadapi dinamika hubungan internasional di masa kini dan mendatang, Program Studi Hubungan Internasional menawarkan kurikulum yang berbasis kompetensi bersifat inter-disipliner dan mengadopsi berbagai ilmu lain sebagai komponennya. Kajian Diplomasi dan Studi Kawasan Asia Tenggara yang menjadi konsentrasi utama di Program Studi Hubungan Internasional Universitas Paramadina merupakan kunci penting bagi mahasiswa untuk dapat memahami posisi indonesia didunia internasional.

Metode Perkuliahan

Metode perkuliahan di Program Studi Hubungan Internasional dirancang secara interaktif dan inovatif, meliputi diskusi kelas, praktek bahasa asing melalui pentas budaya dan bahasa asing. kunjungan studi ke berbagai lembaga/organisasi internasional, Multi-National Corporations (MNC's), Non-Governmental Organizations (NGO), media lokal dan internasional serta penyelenggaraan kuliah umum dan kuliah tamu yang senantiasa memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk berinteraksi langsung dengan para pakar/tokoh nasional dan internasional yang relevan dengan isu-isu Hubungan Internasional. Mahasiswa juga diberikan kesempatan untuk menerapkan keilmuan yang telah diperoleh melalui Praktek Kerja Lapangan dan sebagai aplikasi ilmiah dari seluruh eksplorasi selama masa studi, mahasiswa diwajibkan untuk melakukan penelitian yang relevan dengan isu-isu Hubungan Internasional.


Panduan E-Learning

Sesuai kebijakan Universitas Paramadina, Program Studi Hubungan Internasional juga telah mengembangkan e-Learning sebagai bentuk dukungan teknologi dalam proses pembelajaran, sejak tahun 2010. Selanjutnya mulai pada semester Gasal 2013/2014, Program Studi mulai memberlakukan kewajiban penggunaan e-Learning bagi seluruh Dosen. Merujuk pada memo Deputi Rektor Bidang Akademik, Riset, dan Kemahasiswaan (DRAR) nomor ME-004/RAR/UPM/VIII/13 mengenai kewajiban penggunaan e-Learning bagi Dosen Tetap dan Dosen Tidak Tetap Universitas Paramadina, berikut ini tautan-tautan informasi terkait yaitu

1.Memo DRAR mengenai kewajiban penggunaan e-Learning bagi Dosen Tetap dan Dosen Tidak Tetap Universitas Paramadina

  http://wiki.paramadina.ac.id/images/9/90/Memo_ttg_Kewajiban_e-Learning_olh_DRAR_%2819.8.13%29.jpg

2.Panduan e-Learning bagi Dosen Edisi Ketiga Tahun 2013

http://wiki.paramadina.ac.id/images/3/36/Panduan_e-Learning_Bagi_Dosen_Edisi_Ketiga_Tahun_2013.pdf

Panduan Penulisan Skripsi

Penulisan Skripsi di Program Studi Hubungan Internasional dapat dimulai semenjak Mahasiswa/i mengikuti perkuliahan Seminar. Tata cara penulisan Skripsi diatur dalam panduan yang dimuat dalam Panduan Lengkap Penulisan Skripsi dan dapat diunduh melalui tautan berikut ini http://wiki.paramadina.ac.id/images/d/dd/Panduan_Lengkap_S1_2012_FINAL_LAYOUT_07062012.pdf


Tim Pengajar Prodi Hubungan Internasional

Tim pengajar terdiri dari akademis dan praktisi yang mayoritas muda dengan latar belakang pendidikan Master dan Doktor, dari dalam maupun luar negeri, diantaranya :

  1. Asriana Issa Sofia, MA (Alumnus Aichi Gakun University, Jepang)
  2. Djayadi Hanan, Ph.D (Alumnus Ohio State University, USA)
  3. Emil Radhiansyah, M.Si (Alumnus Universitas Indonesia)
  4. Dr. Tatok D.Sudiarto, M.I.B (Alumnus Universitas Trisakti & University of Wollongong, Australia)
  5. Very Aziz, Lc. M.Si (Alumnus Al-Azhar University & Universitas Indonesia)
  6. Peni Hanggarini, M.A (Alumnus Australian National University, Australia)
  7. Rizki Damayanti, M.A (Alumnus Florence University, Italia)
  8. Shiskha Prabawaningtyas M.A ( Alumnus Universiteit Leiden, Belanda)

Selain Dosen tetap diatas Prodi Hubungan Internasional juga memiliki dosen Homebase, yang mayoritas muda dengan latar belakang pendidikan master, baik dalam maupun luar negeri, diantaranya :

  1. Jerry Indrawan, M.Si (Han) (Alumnus Universitas Pertahanan)
  2. Anggita Putri Indiralaksmi, S.Sos. MILIR (Alumnus University of New South Wales, Australia)
  3. Nucha Ayuningrum, M.Si (Alumnus Universitas Indonesia)
  4. Aji Kusuma Januvido Hartatmaja, S.Sos, M.Si (Alumnus Universitas Indonesia)
  5. Ambar Retnosih Widyantini, MA (Alumnus Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta)
  6. Muhammad Zein Latuconsina,M.Si (Alumnus Universitas Indonesia)

GBPP Mata Kuliah

  1. GBPP_Hukum_Internasional.pdf
  2. GBPP_Pengantar_Diplomasi.pdf
  3. GBPP_Studi_Strategis.pdf
  4. GBPP_Ekonomi_Internasional.pdf
Personal tools