Desain Komunikasi Visual

From Wiki paramadina

Jump to: navigation, search

Profil

Desain Komunikasi Visual (DKV) berperan sebagai penyampai gagasan pada masyarakat dalam berbagai media visual, untuk tujuan tertentu. Penanaman citra melalui visual dalam benak masyarakat adalah bagian dari pernanan DKV yang memberi andil dalam mempersuasi masyarakat. Perkembangan industri kreatif di Indonesia yang begitu pesat menempatkan kemampuan kreatif sebagai ujung tombak penggerak ekonomi.

Keilmuan Desain Komunikasi Visual (DKV) berdiri dengan persinggungan dunia marketing dan komunikasi. Perkembangan industri DKV menjadi semakin beragam, Visual Branding adalah salah satu cabang dari keilmuan DKV yang dibutuhkan industri kreatif saat ini.



Visi Program


Mewujudkan program studi Desain Komunikasi Visual yang unggul dalam menyelaraskan dinamika keilmuan dan teknologi terkini, peduli terhadap permasalahan sosial-budaya serta beretika dalam skala nasional maupun regional ditahun 2025.


Misi Program


  1. Menyelenggarakan proses belajar mengajar dibidang desain komunikasi visual yang berkualitas, yang mampu mengembangkan sikap kreatif, kritis, terbuka, mandiri, serta memiliki tanggung jawab secara etika.
  2. Menyiapkan lulusan dalam bidang desain komunikasi visual yang mampu mengembangkan diri seiring perkembangan ilmu dan teknologi.
  3. Berpartisipasi memberikan pemikiran dan solusi dalam keilmuan desain komunikasi visual terhadap masalah-masalah sosial-budaya dalam riset dan pengabdian masyarakat.


Lampiran


Tujuan Program Studi Desain Komunikasi Visual


  1. Menghasilkan lulusan yang sesuai dengan kebutuhan industri komunikasi visual terutama di bidang branding
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi bekerja mandiri dan beretika
  3. Menjadi program studi yang aktif dalam memecahkan masalah sosial-budaya, dan peduli terhadap brand produk lokal
  4. Meningkatkan kerjasama dan jejaring dengan masyarakat luas



Metode Perkuliahan


Metode pengajaran program studi Desain Komunikasi Visual (DKV) Universitas Paramadina adalah Student Center Learning (SCL), dimana mahasiswa memungkinkan untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran dengan aspek kreativitas dan eksplorasi gagasan. Mahasiswa memanfaatkan waktu di dalam kelas dan studio gambar secara optimal. Dengan demikian mahasiswa diberi kesempatan untuk mengikuti proses belajar menjadi lebih intensif dan komunikatif.



Tim Pengajar

Tim Pengajar dari akademis dan praktisi yang mayoritas muda dengan latar pendidikan dari dalam maupun luar negeri, diantaranya Gilang Cempaka, M.Sn (Alumni ITB); Drs.Agoes Joesoef, M.Si (Alumni ITB); Merwan Yusuf, MFA (Alumni Ecole des Hautes er France, Perancis); Khalid Zabidi, M.Sn (Alumni ITB); Muhammad Zainuri, S.Sn.,M.Ikom (Alumni Universitas Paramadina); Satya Yudha Azwir, M.Ds (Alumni Trisakti) ; Ayoeningsih Dyah W, M.Sn (Alumni ITB)



Tata Cara Penyusunan Tugas Akhir


Penulisan Skripsi di Program Studi Desain Komunikasi Visual dapat dimulai semenjak Mahasiswa/i mengikuti perkuliahan Seminar. Tata cara penulisan Skripsi diatur dalam panduan yang dimuat dalam Panduan Lengkap Penulisan Skripsi dan dapat diunduh melalui tautan berikut ini


Lampiran

Lampiran



Kebijakan Program Studi

Lampiran

Prosedur Kegiatan

Lampiran

Personal tools